Audiensi dengan Menkumham, Bawaslu Sampaikan Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024

Ad Widget

 

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan persiapan pengawasan tahapan Pemilu serentak 2022 kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) di ruang kerjanya, Rabu (8/6/2022)

Nusantaraaktual.com, Jakarta – Lima pimpinan Bawaslu bersilaturahmi sekaligus berkonsultasi terkait hukum kepemiluan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja juga menyampaikan persiapan pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, yang akan dimulai dengan pendaftaran peserta pemilu pada akhir Juli 2022.

Diterima langsung Yasonna di ruang kerjanya di Gedung Dirjen Imigrasi Kuningan, Jakarta, pertemuan berlangsung kurang lebih selama satu jam. Perbincangan dimulai dengan perkenalan pimpinan baru Bawaslu Periode 2022-2027.

“Momen ini sekaligus perkenalan kami pimpinan (Bawaslu) baru. Kami juga berterimakasih kepada Menkumham dan jajaran yang mana pada periode sebelumnya teman-teman Kemenkumham sangat membantu,” kata Bagja, Rabu (8/6/2022).

Selanjutnya Bagja juga meminta Kemenkumham kembali mendukung Bawaslu mengawasi tahapan Pemilu 2024 serta dalam koordinasi penyiapan Perbawaslu.

Adapun Menkumham Yasonna mendukung penuh upaya Bawaslu dalam mengawasi Pemilu 2024. Menurutnya, tahapan Pemilu Serentak 2024 akan menjadi pemilu yang paling rumit. Maka dari itu dia berharap agar Bawaslu bisa mengawasinya secara baik.

“Terimakasih Bawaslu yang telah beraudiensi dengan kami, setelah kemarin KPU,” ucap Yasonna.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Totok Hariyono menyampaikan saat ini lembaga pengawas pemilu tengah menggarap beberapa Perbawaslu perubahan. “Kami sedang menyiapkan Perbawaslu yang revolusioner. Karena pengawasan yang kita utamakan pencegahan, makanya Perbawaslunya juga akan berubah,” ungkap Totok.

Adapun Perbawaslu yang tengah dilakukan perubahan rinciannya ada delapan Perbawaslu tahapan dan empat Perbawaslu non-tahapan pemilu. Total seluruh Perbawaslu saat ini ada 29 Perbawaslu.

Sebagai informasi, dalam audiensi ini hadir lengkap lima pimpinan Bawaslu yakni Rahmat Bagja, Totok Hariyono, Lolly Suhenty, Herwyn JH Malonda, dan Puadi. Mendampingi para pimpinan Sekretaris Jenderal Gunawan Suswantoro dan Deputi Dukungan Teknis La Bayoni.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *