Ratusan Orang Muda Katolik Gabung Pemuda Katolik Kota Batam

Ad Widget

pemuda Katolik batam

NusantaraAktual.com, Batam – Seolah menjadi antisipasi hari Sumpah Pemuda, pada Minggu, 15 Oktober 2023 ratusan pemuda mengikuti Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) Pemuda Katolk Komisariat Cabang (Komcab) Batam, yang diselenggarakan di Aula Gereja Paroki St. Damian Bengkong, Batam. Minggu, (15/10/3024).

Memang, dalam sejarah pra kemerdekaan, Pemuda Katolik adalah tuan rumah Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Mapenta Pemuda Katolik Komcab Batam yang diselenggarakan menjelang Hari Sumpah Pemuda kali ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya kegiatan penerimaan anggota baru dengan jumlah calon anggota terbanyak di Kepulauan Riau.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Gusma bahkan hingga harus turun dari Jakarta ke Batam untuk menghadiri kegiatan ini.

Dalam rangkaian protokoler Stefanus Gusma menegaskan persiapan kader untuk membangun jaringan melalui perekrutan dan pemberdayaan. Menurutnya bonus demografi akan menjadi masalah jika anak-anak muda tidak mempersiapkan diri dengan serius. “Kita harus memiliki pembeda; “added value” yang membedakan dengan orang muda pada umumnya, daya juang, kreatifitas, kepemimpinan dan digitalisasi akan membantu dalam persaingan kedepan” ungkap Gusma dalam sambutannya.

Pastor Budianto, SS.CC Pastor Kepala Paroki St. Damian dalam sambutannya berpesan kepada calon anggota Pemuda Katolik untuk berkiprah keluar sebagai orang-orang yang beriman katolik yang kokoh. “Menjalinlah komunikasi yang baik dengan saudara-saudari kita yang berbeda, berkontribusilah anda semua untuk masyarakat melalui berbagai kegiatan anda sebagai anggota Pemuda Katolik…” pesan Pater Budi.

pemuda katolik

Paulus Edison Kota, ketua Komisariat Anak Cabang (Komac) Bengkong kepada media menyampaikan bahwa kegiatan Mapenta kali ini disambut antusius umat, khususnya di Komac Bengkong. “Dalam data panitia tercatat 247 calon anggota yang sudah mendaftar, oleh karena itu kami juga bangga atas kehadiran Ketum Gusma dalam Mapenta ini…” ungkap Edi.

Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad yang hadir mewakili pemerintah menyampaikan pesan-pesan pembakar semangat. “Adik-adik, abang berpesan kepada anda semua para calon anggota, agar seriuslah ber-Pemuda Katolik. Kalianlah masa depan Gereja dan Bangsa, kalianlah para pemuda yang akan mengobarkan semangat persatuan; Bhinneka Tunggal Ika untuk Negara tercinta kita ini…” ungkap Amsakar.

Sementara itu Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Batam Nimrod Siahaan menyampaikan agenda Mapenta-mapenta akbar berikutnya. “Setelah Komac Bengkong, nanti dibulan Nopember Komac Nongsa dengan peserta yang lebih banyak, selanjutnya Komac Batuaji dan Sagulung…” tutup Nimrod.

pemuda katolik

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepri Dr. Vandarones Purba berharap agar semangat Komcab Batam juga dapat diikuti oleh Komcab-komcab lainnya di wilayah Kepulauan Riau. “Semoga ini menjadi inspirasi bagi Komcab lain untuk menggedor Komac-komacnya untuk menyelenggarakan Mapenta…” ujar Vanda.

Hadir juga dalam Mapenta Komcab Batam ini Senator RI dari Kepulauan Riau Haripinto Tanuwijaya, Anggota DPR RI Cen Sui Lan, Dewan Pakar Komda Kepri Evy Puspitosari, Pembina Komcab Batam Julius Joni, Tokoh umat St. Damian Agustinus Baro Nama, para pengurus KBG dan perwakilan umat Paroki St. Damian, Bengkong – Batam.

(Tim Med/PK)

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *