Setelah Empat Tahun Memimpin Sebagai Kepala Antariksa Rusia, Putin Pecat Dmitry Rogozin

Ad Widget
Dmitry Rogozin/Dok. Gizmodo

Nusantaraaktual.com, Jakarta – Presiden Rusia secara mengejutkan memecat dengan tidak hormat Kepala Badan Antariksa Rusia (Roscosmos), Dmitry Rogozin. Ia diberhentikan dari posisinya hanya beberapa hari setelah dirinya mengecam Badan Antariksa Eropa. Rogozin mengancam akan membatasi akses ke lengan robot yang terpasang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang merupakan salah satu dari serangkaian “ledakan panjang”yang menjadi ciri masa jabatannya selama 4 tahun.

Selanjutnya, Putin menunjuk Wakil Perdana Menteri Yury Borisov sebagai pengganti Dmitry sebagaimana yang dilaporkan oleh Gizmodo, Sabtu, (16/7/2022).

Rogozin selama kepemimpinannya sering berulah dan menjadi sorotan media Barat karena kegigihannya dalam membela invasi Rusia ke Ukraina. Dia bahkan pernah secara terang-terangan mengungkapkan kekecewaannya atas sanksi internasional yang dijatuhkan terhadap Rusia oleh Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Rogozin terus-menerus mengancam akan membuat Rusia menarik diri dari ISS, membahayakan kemitraan jangka panjang dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Pada bulan Maret, media pemerintah Rusia mem-posting video palsu yang dibuat oleh Roscosmos tentang kosmonot Rusia yang mengemasi barang-barang mereka dan tampaknya berangkat dari ISS untuk selamanya, melepaskan modul Rusia dari stasiun orbital.

Awal pekan ini, Rogozin memerintahkan kosmonot Rusia di ISS untuk menghentikan pekerjaan mereka pada lengan robot Eropa baru yang melekat pada segmen stasiun ruang angkasa Rusia. Rogozin menuduh ESA menyabotase misi ke Mars setelah badan antariksa itu secara resmi menghentikan kerja samanya dengan Roscosmos dalam misi ExoMars yang dijadwalkan diluncurkan pada September. Rogozin juga menggunakan ISS sebagai platform untuk mempromosikan propaganda nasionalistik.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *