Simak Fakta Menarik di Tomohon International Flower Festival 2022

Ad Widget
Tomohon International Flower Festival 2022/Dok. ist

Nusantaraaktual.com, Tomohon – Perhelatan Tomohon International Flower Festival 2022 (TIFF) 2022 resmi dibuka hari ini, Senin, (8/8/2022).

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung hingga Minggu, (14/8/2022) mengusung tema, ” Tomohon Greets The World”.

Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut mengatakan, jika perhelatan TIFF tahun 2022 ini memiliki makna besar untuk daerah Tomohon yang kecil tetapi selalu diberkati.

“Ini adalah rahmat bagi warga Kota Tomohon, rahmat bagi kota ini yang meski kecil dalam jumlah, tetapi selalu diberkati. Mendunia lewat festival bunga ini, dan dikagumi seluruh anak bangsa,” sebut Wenny.

Lanjut dikatakan Wenny, beragam bunga yang dihasilkan dari para petani di Kota Tomohon telah ditampilkan dalam kegiatan TIFF 2022 ini. Selain itu ada ragam penampilan lain yang mendukung parade bunga di Kota Tomohon.

Beragam bunga indah serta kekayaan budaya yang terus dilestarikan masyarakat menjadi daya tarik tersendiri. Ada budaya dari berbagai suku di Minahasa baik Tonsea, Tombulu, Minahasa, dan sebagainya.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemkota Kota Tomohon mengapresiasi acara yang sangat berkesan ini. Sekaligus saya mengajak semua orang untuk turut mendoakan dan mensukseskan TIFF ini yang merupakan titik balik kita menggiatkan kembali pariwisata Tomohon pasca pandemi.

Sejak 2008, TIFF pertama kali digelar dan menjadi ajang dua tahunan. Sejak 2015, TIFF sudah diakui Kementerian Pariwisata (kini Kementrian Pariwsiata dan Ekonomi Kreatif RI) untuk digelar sebagai ajang tahunan dan masuk kelender acara setiap tahun Kemenkraf.

Acara ini digelar setiap 8 Agustus dan parade kendaraan merupakan acara puncak dari festival tersebut. Selain menjadi agenda kepariwisataan Pemerintah Kota Tomohon dan Kemenparekraf.

Tanggal 8 Agustus ditetapkan salah satunya agar memudahkan para wisatawan dan agen perjalanan dalam mempersiapkan agenda kunjungan wisata supaya tidak berbenturan dengan kegiatan lain. Meski demikian, Festival Bunga Tomohon sendiri sebetulnya berawal dari hajatan Hari Ulang Tahun Kota Tomohon pada Januari 2006. Saat itu, pemerintah menggelar pawai bunga dalam wujud parade kendaraan. Rute parade menyusuri jalur protokol Kota Tomohon.

Bunga merupakan aset turun-temurun masyarakat Tomohon dan menjadi identitas kota tersebut, termasuk untuk mempromosikan pariwisata daerah. Itulah mengapa, kota ini juga disebut “Kota Bunga”. Dikutip dari situs Wonderful Indonesia yang dikelola oleh Kemenparekraf RI, Tomohon berlokasi di kaki dua gunung besar, yakni Gunung Lokon dan Gunung Mahawe. Jaraknya hanya 22 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan ke Kota Manado, ibu kota sekaligus pintu gerbang Sulawesi Utara. (YHW)

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *