Situs Bersejarah Unesco di Filipina Hancur Karen Gempa Magnitudo 7.3

Ad Widget
Situs bersejarah UNESCO Vigan di Ilocos Sur, Filipina, hancur karena gemoa M 7,3/CNNFilipina

Nusantaraaktual.com, Jakarta – Filipina diguncang gemba Magnitudo 7,3 membuat salah satu situ bersejarah yang terdaftar di Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) mengalami kerusakan.

Gempa yang terjadi pada Rabu, (27/7) tersebut membuat sebagian tembok gedung bersejarah itu hancur berantakan.

Dalam laporan CNN Filipina, seorang pemandu wisata di situs bersejarah Vigan, Ilocos Sur, menunjukkan bahwa sejumlah kerusakan bangunan tersebut.

Dalam akun Twitter, tampak reruntuhan tembok memenuhi jalanan kota itu. Pada gambar lain, terlihat dinding gedung di sana runtuh dan menyisakan bata merah. Sebagaimana ditulis UNESCO, Kota Vigan merupakan salah satu contoh terbaik dari suasana kota Spanyol pada masa kolonial yang berada di Asia.

Sebuah video lain menunjukkan upaya menyelamatkan diri warga Filipina dari bebatuan dan debu yang jatuh dari Menara Bantay Bell saat gempa itu terjadi. Menarai itu terletak di Kota Vigan.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) melaporkan gempa tektonik tersebut terjadi di Tayum, Provinsi Abra pada pukul 08.43 waktu setempat. Phivolcs juga menyampaikan kemungkinan gempa susulan terjadi. Gempa ini menyebabkan kerusakan di beberapa gedung dan jalanan.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *